artikel 1

Anak PKL Nasgor yang Santri Ponpes Fadhlul Fadhlan Semarang Lanjutkan Kuliah di Al-Azhar Kairo Mesir

Anak pedagang kali lima nasi goreng atau PKL nasgor di Kota Semarang, yakni Lutfi Maulana Winanjar, lulusan MA Madrasah Al-Musyaffa’ Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan (PPFF), Pesantren Bilingual Berbasis Karakter Salaf Semarang melanjutkan kuliah di Al-Azhar Kairo Mesir. Lutfi Maulana Winanjar adalah anak dari Buang Slamet Winanjar warga Jl Suyudono 128 Kelurahan Barusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, yang pekerjaan sehari-harinya adalah penjual nasi goreng alias PKL nasgor.

Menurut kyai pengasuh PPFF DR KH Fadlolan Musyaffa’ Lc MA, selain anak pedagang kali lima nasi goreng atau PKL nasgor di Kota Semarang, yakni Lutfi Maulana Winanjar, ada 2 santri lain yang juga lulusan MA Madrasah Al-Musyaffa’ Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan (PPFF), melanjutkan kuliah di Al-Azhar Kaitro Mesir.

Mereka adalah, Ahmad Hamdan putra dari Mursyid, dosen UIN Walisongo Semarang, warga Jl Tambak Harjo RT 03 RW 01, Kecamatan Tugu, Kota Semarang dan Dzulham Ulul Azam Putra Ardana putra dari pasangan Arif syarifuddin (guru swasta) dan Nur Royhana Murya, warga RT 01 RW 01 Krajan, Desa Campurejo, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal.

Sebagaimana kita ketahui bahwa PPFF yang diasuh oleh DR KH Fadlolan Musyaffa’ Lc MA adalah lembaga pendidikan yang komplet mendidik dan mengajarkan santri kitab kuning, tahfidh Alquran 30 juz, dan bilingual (bahasa Arab dan Inggris).

15 November 2023 alumni pertama MA Al-Musyaffa’ Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang, mengadakan walimatus safar pelepasan 3 santri angkatan pertama MA Al-Musyaffa’ untuk berangkat melanjutkan kuliah ke Universitas Al-Azhar Kairo Mesir.

“Tiga santri tersebut telah berangkat tanggal 17 November 2023 untuk melanjutkan studi S1 di Al Azhar, Kairo Mesir dari jalur mandiri. Sementara ada 5 santri yang menempuh jalur beasiswa namun masih menunggu penyempuraan administrasi dan dokumen,” jelas Kiai Fadlolan.

Pesantren baru, madrasahnya juga baru, alumninya kok bisa lolos tes masuk Universitas Al-Azhar Kairo Mesir?

“Begini,” kata Yai Fadlolan menjelaskan, “PPFF memang baru, madrasah formal juga baru meluluskan pertama pada tahun 2023. Semua santri yang menjadi siswa MA Al-Musyaffa’ dari tidak mengerti apa-apa, tetapi dengan semangat yang tinggi, menyerahkan diri pada saya dan terbukti bisa mengantarkan mereka untuk menggapai cita-cita, impian mereka, yaitu melanjutkan kuliah di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir,” jelas Kiai Fadlolan.

Kiai Fadlolan juga menyusun sendiri kurikulum MA Al-Musyaffa’. Tentu kurikulum itu disesuaikan dengan tingkat Ma’had Al-Azhar sehingga lulusannya bisa melanjutkan kuliah di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir.

 

 

Sumber : https://wongapak.suaramerdeka.com/pendidikan-iptek/103410903485/anak-pkl-nasgor-yang-santri-ponpes-fadhlul-fadhlan-semarang-lanjutkan-kuliah-di-al-azhar-kairo-mesir